Sabtu, 17 Mei 2014

resume kuliah umum

KULIAH UMUM MANAJEMEN PENDIDIKAN
( foto Narasumber)
.
Pada hari Rabu, 14 Mei 2014, jurusan kami mengadakan kuliah umum (Studium General) yang bertempat di Gedung Sertifikasi Guru Lantai 9, dengan tema yang sangat membuat saya antusias yaitu "Membangun Kewirausahaan Pendidikan". Kuliah Umum dinarasumberkan oleh Bapak Dr. Ir. Haidar Bagir, M.A.. Beliau merupakan pendiri dan direktur utama dari Mizan Publishing Group, serta ketua yayasan Lazuardi Hayati, yang membawahi sekolah Lazuardi GIS.
acara dibuka dengan penampilan musik dan tari tradisional, acara semakin bertambah meriah dengan didampingi MC yang interaktif. Ketua Jurusan Dr. Nurhattati Fuad, M.Pd, menjadi ,moderator dari narasumber kami. kuliah umum berjalan secara menarik dan kondusif. 

Narasumber membawakan materi mengenai "Konsep Mengelola Sekolah Berkualitas".
Pak Haidar meungkapkan "Pendidik adalah wakil Tuhan, pewaris para Nabi!" Beliau selalu mengatakan bahwa pekerjaan Guru adalah sebagai wujudan passion, yang muncul dari hati. seorang pendidik haruslah menjadi teladan yang baik. Beliau juga memiliki pandangan bahwa semua tenaga kerja, staff, dll yang ada disekolah disebut sebagai pendidik. Dari kepala sekolah sampai office boy/girl memiliki peran yang harus dipertanggungjawabkan secara baik, terkhusus menjadi cerminan yang baik untuk murid-murid. 
Pada kuliah umum kemarin, Pak Haidar juga sepat menceritakan serta membedakan sistem pendidikan di China dan Finlandia. Ada pula pengertian Guru dari kacamata setiap agama yang adalah intinya berfungsi untuk mengajar.\
Beliau juga menceritakan tentang kisah tiga tukang batu yang sangat menginspirasi dan memotivasi saya secara pribadi. Dan yang terakhir Beliau membuka mata kami para penikmat kuliah umum untuk memahami benar pengertian dari Vacation dan passion. Vacation adalah panggilan hidup, pada abad ke 16 diikatkan dengan panggilan tuhan. Yaitu tekad untuk berbuat baik pada tuhan dengan antara lain melayani manusia. Passion dalam bahasa latin yaitu “Pati’ atau “Pathos’ yang artinya penderitaan. Memiliki makna untuk siap menanggung penderitaan, gigih, antusiasme, demi mencapai sesuatu yang amat dihasratkan. Jadi vacation dan Passion saling berkaitan. 
Seelanjutnya adalah sesi tanya jawab mengenai kuliah umum tersebut.
Salah satu quote yang saya catat adalah dari confucius
“choose a job you love, and you will never have to work a day in your life’

Semoga bermanfaat ( 
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar