Minggu, 18 Mei 2014

LAPORAN OUTING CLASS MANAJEMEN PEMASARAN JASA

Senin, 12 mei 2014 bentuk kuliah kami agak berbeda dari biasanya. Dalam perkuliahan manajemen pemasaran jasa kali ini bersifat outing class tanpa dosen kami. Kami mengunjungi suatu restoran makanan yaitu Bebek Kaleyo Rawamangun yang beralamat di  Jalan Pemuda Raya no. 290, Jakarta Timur. Restaurant yang cukup besar dengan nuansa yang sangat hangat. Berseni sentuhan kayu dan kolam dengan suara air mancur yang sangat nyaman dirasakan. Disana kami sekelas pertama kali mencoba menu makanan yang disediakan. Kebanyakan dari kami memilih menu paket bebek kaleyo, rasa yang nikmat membuat kami hampir lupa bahwa setelah makan harus bertatap muka dengan bagian area manager yaitu Bapak Joko Winego selaku narasumber kami. dan akan bertanya jawab dengan beliau seperti layaknya mewancara secara massal.
Banyak hal yang dibagikan beliau tentang rumah makan tersebut. Mengenai berdirinya rumah makan tersebut pada tanggal 15 Januari 2007 di Cempaka Putih yang buka setiap jam 06.00 sore-11.00 malam, makna dari nama restaurant yaitu Kale-yo, kale adalah bahasa jawa yang berarti dua, dan yo = ayo. Jadi maksudnya adalah mengajak pengunjung untuk datang lagi. Berawal dari dua pasangan suami istri yaitu Pak Hendri dan Bu Venti serta Pak Paulus dan Bu Rini yang mencoba membuka Rumah makan dengan resep tradisional dan rasa yang sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. Metode marketing yang digunakan yaitu melalui mulut ke mulut pengunjung yang sudah menikmati dan akhirnya membicarakan serta mengajak datang, melalui media sosial yaitu web dan sebagainya. Dan yang perlu diketahui adalah rumah makan bebek kaleyo adalah bisnis keluarga, untuk menjaga kesamaan kualitas dan rasa di setiap cabang, karena apabila diwaralaba ditakutkan terdapat perbedaan cara memasaknya.
Salah satu yang khas dari makanan di rumah makan ini adalah sambalnya yang sangat disukai banyak orang, sambal ijo yang super pedas dan ada pula campuran smbal merah dan hijau yang membuat banyk orang ketagihan. Pelayanan yang diterapkan oleh mereka juga sangat baik dan ramah, hal ini sangat dipertahankan oleh pihak rumah makan agar pengunjung merasa nyaman dan aman. Lalu, yang membuat rumah makan ini selalu memberikan yang terbaik yaitu dengan menempatkan sticker yang berisi No Tlp untuk menerima Kritik dan Saran  dari pelanggan jika kurang puas , diletakkan diberbagai sudut rumah makan. Selain itu adapun fasilitas seperti live music yang berasal dari musisi anak jalanan yang telah diseleksi agar dapat memuaskan pelanggan melalui karya dan persembahan musiknya.

Sempat ada yang bertanya dari rekan kami mengenai omset, tetapi beliau sangat menganggap suatu hal yang privasi. Saat ini bebek kaleyo mempunyai 12 cabang antara lain di daerah cempaka putih 2 cabang, rawamangun, sunter, Buaran, Tebet, BSD, Bekasi, Kalimalang, Daan Mogot, Bintaro, Jatiwaringin, Yang terakhir kami foto bersama dengan Pak Joko. semoga bermanfaat :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar