Sabtu, 08 Maret 2014

Segmentasi dan Targeting Manajemen Pemasaran

YEAH.... perkuliah di pertemuan keempat ini agak seru untuk diceritakan. tanggal 3 maret 2014, kelas kami yang biasa di 307 Gd. Daksinapati harus dipindahkan jadi di Gd. IDB 1 lantai 6 !! dan waktu itu saya kondisinya enggak tau kelasnya dipindahin, seharusnya jam setengah 12 siang perkuliahan masuk, sampe di gedung daksin tepat jm stgh 12, teernyata pintu2 kelas jurusan saya udah ditutup kunci gelap. nyari-nyari muka yang dkenal buat nanya tapi ga ada akhirnya turun tangga dengan ketar-ketir takut telat dan ga boleh masuk akhirnya nekad ke gedung idb, syukurnya ketemu adik kelas yang juga jurusan mp ngasih tau kelas saya dimana. dan bener aja di idb-_- lari dengan perasaan takut, sampe digedung IDB 1, dan ternyataaaaa!!! lift mati. alias listrik mati. whew! ga peduli lagi langsung naik tangga.... sampai di klantai 2 ternyata ga ada tangga lagi menuju lantai-lantai berikutnya. aneh banget ini gedung-___- akhirnya turun dan....huah, ada dosen saya yang juga telat... berasa lega... beliau juga bingung karena listrik mati dan ga ada akses jalan menuju lantai 6. teman2 saya semua sudah diatas. and then keputusan beliau adalah kami belajar di selasar depan kajur. balik lagi ke gedung daksinapati......

pertemuan keempat ini juga agak berbeda, dosen kami bersama 2 kakak jurusan MP 2010 yang akan menjelaskan materi. materi saat itu tentang segmentasi dan targeting manajemen pemasaran, walaupun kondisinya kurang kondusif dengan duduk dilantai dan berusaha mendengarkan penjelasan dari kaka-kakak didepan serta banyak mahasiswa yang berjalan melewati kami, akhirnya yang didapatkan pun seperti berikut:

1) Segmentasi : pengelompokan secara keseluruhan yang ditentukan berdasakan kriteria tertentu. adanya proses pembatasan membentuk kelompok kecil yang memiliki kesamaan diantara beberapa faktor.
ada beberapa variabel dalam proses segmentasi yaitu
- geografi : terdiri dari pembagian wilayan. ukuran kota, dan pendapatan
-demografi : terdiri dari usia, jenis kelamin, siklus hidup keluarga, pekerjaan, penghasilan, pendidikan, agama, dan suku.
- psikografi : kelas-kelas sosial, gaya hidup, kepribadian
- perilaku : peristiwa, manfaat, tingkat pemakaian, tahap kesiapan dan sikap terhadap produk.
setelah dijelaskan tentang segemntasi, berikutnya adalah tentang targeting pasar.

2) targeting : upaya strategi dalam mengalokasikan sumber daya perusahaan secara efektif, adanya proses memilih target market yang tepat bagi produk dan jasa perusahaan.
dalam menentukan target pasar, yang harus dilakukan adalah mengevaluasi segmen pasar, meilih segmen pasar, dan mempertimbangkan tambahan dalam memilih segmen.dengan harapan segmen yang dipilih memberikan keuntungan bagi perushaan.

cukup sekian yang saya dapat dalam pertemuan keempat ini, minggu depannya(senin, 10 maret 2014) kami harus mengumpulkan tugas translate bab dari buku yang sudah kami cari sebelumnya. SEMANGATTTT!

RENA OCTAVIA / 1445125573
MANAJEMEN PENDIDIKAN A 2012



Tidak ada komentar:

Posting Komentar