Sabtu, 08 Maret 2014

Konsep Dasar Manajemen Pemasaran

Materi "Konsep Dasar Manajemen Pemasaran" diberikan oleh dosen saya Pak Muhammad Amril pada pertemuan kedua yaitu pada  hari Senin, 17 Maret 2014. setelah melakukan pertemuan ini kami mengetahui pentingnya mempelajari tentang marketing, kemudian apa itu marketing, dan filosofi pada marketing serta pengertian produk. berikut adalah resume perkuliahan pertemuan kedua:

1) why study marketing?
ada beberapa alasan mengapa kita harus belajar tentang marketing, salah satunya adalah mengetahui faktor-faktor apa saja yang membuat suatu perusahaan sukses dan tidak sukses. pertama, mengidentifikasi apa saja yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan? kedua, adanya komitmen yang kuat dalam fungsi-fungsi marketing. ketiga,  perusahaan harus mengetahui bagaimana caranya memahami dan memuaskan customers dan yang keempat, bagaimana perusahaan dapat memotivasi setiap orang yang ada dalam organisasinya tersebut. agar kinerjanya efektif dan unggul.  

2) what's marketing?
marketing yaitu proses sosial baik individu ataupun kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dan butuhkan dengan adanya proses menawarkan, menciptakan, mempertukarkan produk yang bernilai dengan oranglain. 
dalam proses pemasaran, ada 2 hal yang perlu diperhatikan yaitu Needs & Wants. 
* Needs adalah kebutuhan, dimana bila sesuatu tersebut tidak terpenuhi maka akan ada rasa kehilangan.
Wants adalah keinginan, dimana merupakan suatu bentuk yang diambil oleh kebutuhan manusia karena mereka dibentuk oleh budaya dan kepribadian individu.

3) filosofi marketing

a. konsep produksi : konsep yang berorientasi produksimenekankan bahwa kegiatan produksi harus diutamakan sehingga tujuan seperti pencapaian efisiensi produksi, biaya rendah, dan distribusi massa tercapai.
b. konsep produk : perusahaan ataupun penjual memproduksi barang atau jasa yang dilihat dari nilainya yaitu kualitas, bukan jumlah barang yang diproduksi.
c. konsep penjualan: adanya usaha promosi dan penjualan yang agresif
d.konsep pemasaran : menitikberatkan pada kepentingan dan kepuasan konsumen.

4) Product
didalam marketing sesuatu yang dipasarkan adalah produk baik yang berbentuk fisik maupun jasa /pelayanan. , produk adalah sesuatu yang ditawarkan agar dapat diperoleh, digunakan, dikonsumsi, agar dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. 

dalam melakukan pemasaran, perusahaan juga harus memperhatikan konsep pemasaran yang diperlukan, yaitu adanya nilai (value) yang tinggi yang diharapkan, adanya kepuasan (satisfaction) antara pembeli dan penjual yang seimbang dirasakan, adanya kualitas (quality) pada produk yang dipasarkan agar seimbang pula dengan harga yang ditawarkan, adanya pertukaran (exchange) yaitu barang ata jasa yang ditawarkan ditukar oleh uang atau tidak juga selalu ditukar berupa uang namun ketika adanya transaksi terjadi proses negosiasi ataupun kesepakatan dalam pengambilan keputusan antara penjual dan pembeli, dan yang terakhir yaitu relasi atau keterkaitan yang terpercaya sehingga pembeli tidak ragu-ragu dalam membeli produk tersebut.

RENA OCTAVIA / 1445125573 
MANAJEMEN PENDIDIKAN A 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar